in ,

5 Obat Galau dalam Ayat Al-Quran ini

Masjid Raya Bandung

5 Obat Galau dalam Ayat Al-Quran ini

KETIKA mengalami galau atau patah semangat bahkan sampai mental breakdown, baiknya sebagai manusia yang beragama, kembali ke pedoman kitab suci Al Quran. Inilah sebaik-baiknya obat galau.

Al-Quran memang merupakan pedoman dan juga petunjuk bagi kehidupan manusia. Al-Quran diturunkan Allah SWT. Melalui perantara antara malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad ﷺ, untuk kebaikan umat.

Di dalam Al-Quran terdapat banyak sekali ayat yang dapat menjadi solusi untuk permasalahan kehidupan manusia.

Sebagai manusia kita tidak dapat luput dari permasalahan. Bahkan ketika ada permasalahan, kita sebagai manusia cenderung galau atau bahkan bisa sampai mengalami patah senmangat.

Di dalam Al Quran banyak ayat-ayat yang bisa menjadi petunjuk kepada umat Islam untuk menghilangkan kegalauan. Dikutip dari halaman idntimes dan portalkotamobagu, berikut ayat-ayat tersebut:

Obat Galau: Ayat-ayat Al-Quran untuk menghilangkan Galau- QS. Al-Baqarah Ayat 286

Ilustrasi. foto: unplash

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Tertulis di ayat tersebut, bahwa Allah tak akan menurunkan berbagai permasalahan kepadamu, kecuali disesuaikan dengan kesanggupanmu. Maka tugas kita adalah tidak menyerah begitu saja dengan masalah yang sedang dihadapi.

Obat Galau: Ayat-ayat Al-Quran untuk menghilangkan Galau- QS. Al-Insyirah Ayat 6

اِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا ؕ‏

“sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.”

Bila kesulitan itu dihadapi dengan tekad yang sungguh-sungguh dan berusaha dengan sekuat tenaga dan pikiran untuk melepaskan diri darinya, tekun dan sabar serta tidak mengeluh atas kelambatan datangnya kemudahan, pasti kemudahan itu akan tiba.

BACA JUGA: Ini Dia 11 Manfaat Membaca Al Quran yang Perlu Diketahui

Obat Galau: Ayat-ayat Al-Quran untuk menghilangkan Galau- QS. An-Nur Ayat 26

اَلۡخَبِيۡثٰتُ لِلۡخَبِيۡثِيۡنَ وَالۡخَبِيۡثُوۡنَ لِلۡخَبِيۡثٰتِ‌ۚ وَالطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِيۡنَ وَالطَّيِّبُوۡنَ لِلطَّيِّبٰتِ‌ۚ اُولٰٓٮِٕكَ مُبَرَّءُوۡنَ مِمَّا يَقُوۡلُوۡنَ‌ؕ لَهُمۡ مَّغۡفِرَةٌ وَّرِزۡقٌ كَرِ يۡمٌ

“Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”

Pada ayat ini Allah menerangkan bahwa perempuan-perempuan yang tidak baik biasanya menjadi istri laki-laki yang tidak baik pula. Begitu pula laki-laki yang tidak baik adalah untuk perempuan-perempuan yang tidak baik pula, karena bersamaan sifat-sifat dan akhlak itu, mengandung adanya persahabatan yang akrab dan pergaulan yang erat.

Obat Galau: Ayat-ayat Al-Quran untuk menghilangkan Galau- QS. Al-Baqarah Ayat 216

Obat Galau
Ilustrasi. foto: pexels

كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الۡقِتَالُ وَهُوَ كُرۡهٌ لَّـكُمۡ‌ۚ وَعَسٰۤى اَنۡ تَكۡرَهُوۡا شَيۡـــًٔا وَّهُوَ خَيۡرٌ لَّـکُمۡ‌ۚ وَعَسٰۤى اَنۡ تُحِبُّوۡا شَيۡـــًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّـكُمۡؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ وَاَنۡـتُمۡ لَا تَعۡلَمُوۡنَ

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Sebagai manusia terkadang kita tak memahami jalan yang Tuhan berikan dalam hidup ini. Namun satu hal yang harus kita pahami, yang diberikan saat ini adalah yang terbaik untuk kita.

BACA JUGA: 28 Nama Anak Perempuan Islami dan Maknanya

Obat Galau: Ayat-ayat Al-Quran untuk menghilangkan Galau- Ar-Rahman: 13

فَبِاَىِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

Di ayat yang satu ini, kita diajak untuk harus selalu bersyukur. Meskipun kita sedang berada dalam kesulitan, selalu ada hal yang bisa untuk kita syukuri dalam hidup ini, hal apapun itu. Syukurilah agar kamu tenang dan bahagia.[]

SUMBER: IDNTIMES | PORTALKOTAMOBAGU

 

 

5 Obat Galau dalam Ayat Al-Quran ini

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Masjid Raya Bandung

Tujuan Hidup Muslim Dan Kepastian Datangnya Kematian

Masjid Raya Bandung

Makna Memaafkan Dalam Al-Quran, Berikut 5 Ayatnya