in , ,

Makna Memaafkan Dalam Al-Quran, Berikut 5 Ayatnya

Masjid Raya Bandung

SEBAGAI manusia kita tidak dapat luput dari yang namanya kesalahan. Karena itu islam mengajarkan setiap manusia untuk saling memaafkan. Allah SWT memuliakan orang-orang yang bersedia untuk memaafkan kesalahan orang lain. Bahkan, Allah sudah menyiapkan segudang pahala untuk orang tersebut. Tidak heran, makna memaafkan dalam Al-Quran tercantum secara melimpah.

Selain itu, suka memaafkan merupakan salah satu sifat Rasulullah SAW. Beliau selalu memaafkan orang yang membenci dan menyakiti perasaannya.

Ternyata, di dalam Al-Quran, banyak sekali ayat yang bertebaran soal indahnya sifat memaafkan ini. Jika kamu rajin membacanya, semoga bisa menjadi nasehat untuk kita semua agar memiliki akhlak yang baik serta memiliki sifat pemaaf.

Dikutip dari Halaman IDNTIMES, berikut beberapa ayat-ayat Al-Quran bermakna memaafkan yang bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari.

Memaafkan dalam Al-Quran: QS. Al-Ma’idah Ayat 13

Ilustrasi. foto: pexels

فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِّيْثَاقَهُمْ لَعَنّٰهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوْبَهُمْ قٰسِيَةً ۚ يُحَرِّفُوْنَ الْكَلِمَ عَنْ مَّوَاضِعِهٖۙ وَنَسُوْا حَظًّا مِّمَّا ذُكِّرُوْا بِهٖۚ وَلَا تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلٰى خَاۤىِٕنَةٍ مِّنْهُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْهُمْ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

“(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, maka Kami melaknat mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka mengubah firman (Allah) dari tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian pesan yang telah diperingatkan kepada mereka. Engkau (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sekelompok kecil di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

BACA JUGA: Berikut Hadist-hadist Nabi tentang Ilmu dan Pendidikan

Memaafkan dalam Al-Quran: QS. Al-Jasiyah Ayat 14

قُلْ لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يَغْفِرُوْا لِلَّذِيْنَ لَا يَرْجُوْنَ اَيَّامَ اللّٰهِ لِيَجْزِيَ قَوْمًا ۢبِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

“Katakanlah (Muhammad) kepada orang-orang yang beriman hendaklah mereka memaafkan orang-orang yang tidak takut akan hari-hari Allah karena Dia akan membalas suatu kaum sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.”

Memaafkan dalam Al-Quran: QS. Asy-Syura Ayat 37

وَالَّذِيْنَ يَجْتَنِبُوْنَ كَبٰۤىِٕرَ الْاِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَاِذَا مَا غَضِبُوْا هُمْ يَغْفِرُوْنَ ۚ

“dan juga (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah segera memberi maaf,”

Memaafkan dalam Al-Quran: QS. Asy-Syura Ayat 40

Memaafkan dalam Al-Quran

Ilustrasi. foto: unplash

وَجَزٰۤؤُا سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِّثْلُهَا ۚفَمَنْ عَفَا وَاَصْلَحَ فَاَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الظّٰلِمِيْنَ

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal, tetapi barangsiapa memaafkan dan berbuat baik (kepada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang zalim.”

BACA JUGA: Inilah 7 Keutamaan Sholat Tahajjud

Memaafkan dalam Al-Quran: QS. Asy-Syura Ayat 43

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ اِنَّ ذٰلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ ࣖ

“Tetapi barangsiapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia.”

Itulah dia ayat-ayat Al-Quran yang memiliki makna memaafkan, semoga bisa menjadi amalan baik untuk para umat muslim semuanya.[]

SUMBER: IDNTIMES

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Masjid Raya Bandung

5 Obat Galau dalam Ayat Al-Quran ini

Masjid Raya Bandung

Pengertian Taaruf Dan 5 Adab Taaruf