in , , , ,

8 Cara Berbakti kepada Orang Tua

Masjid Raya Bandung

8 Cara Berbakti kepada Orang Tua

SEBAGAI seorang anak, kita harus berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban yang harus kita lakukan.

Anak-anak zaman sekarang kebanyakan sering membantah kepada orang tuanya sendiri. Padahal hal tersebut merupakan perilaku yang sangat buruk.

Allah berfirman: “Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah pada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman: 14).

BACA JUGA: Agar dapat Meraih Surga, Inilah 8 Kewajiban kita untuk Berbakti Kepada Orangtua

Ilustrasi: Unsplash

Rasulullah SAW pernah berkata bahwa berbakti kepada orang tua merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla.

Dari Abdullah Bin Mas’ud berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah: “Amalan apakah yang dicintai oleh Allah” Beliau menjawab: “Sholat pada waktunya. Aku bertanya lagi: “Kemudian apa” Beliau menjawab: “Berbakti kepada kedua orang tua”. Aku bertanya lagi: “Kemudian apa” Beliau menjawab: “Jihad dijalan Allah”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Ada beberapa ayat Alquran yang menjelaskan terkait bagaimana cara berbakti kepada orang tua.

Dalam Quran Surat An Nisa ayat 36, Allah SWT berfirman tentang cara berbakti kepada orang tua

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Artinya: “Dan sembah lah Allah dan jangan lah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Cara berbakti kepada orang tua lainnya dengan bertutur kata sopan. Seorang anak harus memberikan manfaat kepada orang tuanya bila mana ditakdirkan menjumpai orang tua dalam keadaan tua renta, pikun, atau daya kecerdasan otaknya menurun.

Cara berbakti kepada orang tua lainnya dengan bertutur kata sopan. Seorang anak harus memberikan manfaat kepada orang tuanya bila mana ditakdirkan menjumpai orang tua dalam keadaan tua renta, pikun, atau daya kecerdasan otaknya menurun.

durhaka kepada orang tua, Berbakti kepada Orang Tua
Foto: Unsplash

Dalam Quran surat Al Isra ayat 23, Allah SWT berfirman mengenai larangan anak berkata kasar, melainkan harus bertutur kata mulia kepada orang tua.

عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Jika saat ini orangtua Anda masih hidup, maka sudah sebaiknya Anda berbakti kepadanya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini seperti dikutip dari Maktabah Ummu Salma al-Atsariyah:

8 Cara Berbakti kepada Orang Tua

1. Mengajak masuk agama Islam jika belum Islam.

2. Mengajarkannya kepada pemahaman yang benar (Ahlus Sunnah).

3. Mentaati perintah mereka selama itu bukan maksiat.

pentingnya berbakti kepada orangtua, Berbakti kepada Orang Tua
Ilustrasi: Unsplash

BACA JUGA: Penting Diketahui Orangtua, Inilah 7 Nama Bayi dalam Islam yang Haram dan Makruh Islam

4. Mendahulukan kepentingan mereka daripada kepentingan sendiri, bahkan daripada ibadah yang sunnah.

5. Membantu mereka dengan harta, membelikan kebutuhan mereka, dll.

6. Berkata yang baik dan lemah lembut kepada mereka, tidak memanggil langsung dengan namanya, tidak bersuara tinggi dan ketus, dll.

7. Mendoakan kebaikan untuk mereka, seperti mudah-mudahan mereka mendapatkan hidayah (Islam / sunnah) dan lainnya.

8. Berbuat baik kepada mereka seperti: melayani kebutuhan mereka, datang jika mereka memanggil dan lain-lain.

Itulah beberapa penjelasan terkait bagaimana cara seorang anak muslim berbakti kepada orang tua. Semoga kita semua termasuk anak yang berbakti kepada orang tua sehingga Allah SWT ridha kepada kita dan memasukan kita ke dalam surga-Nya. Wallahu a’lam. []

8 Cara Berbakti kepada Orang Tua

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Masjid Raya Bandung

Ucapan Terima Kasih yang Dilarang dalam Islam

Masjid Raya Bandung

Inilah 5 Keutamaan Berbakti kepada Orangtua