background img
Mar 17, 2019
40 Views
0 0

Hadist Mengenai Asmaul Husna

Written by

“Milik Allah lah nama-nama asmaul husna itu, maka selalu bermohonlah kepadaNya dengan selalu menyebutkan nama-namaNya. Tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari jalan kebenaran,” (Q.S al A’raf 7:180)

“Katakanlah: Berilah nama Allah atau Ar Rahman mana saja yang kamu lafalkan. Karena bagi Allah nama-nama tersebut baik serta janganlah kamu lafalkan bacaan sholat kamu dengan keras. Serta jangan pula kamu pelankan, gunakanlah saja salah satu cara sederhana diantara cara tersebut” (QS. Al Hashr 59:24)

Pentingnya Mengetahui Asmaul Husna

Asmaul Husna Nama Nama Allah
Asmaul Husna Nama Nama Allah

Peratama, Ilmu mengenai sifat-sifat Allah merupakan ilmu yang paling mulia, serta paling utama. Ilmu ini memiliki tempat kedudukan yang agung serta derajatnya paling tinggi. Membaca atau memahami nama-nama dari sifat Allah merupakan usaha meningkatkan keimanan kita.

Kita semua sebagai umat muslim tentu juga tahu, jika segala hal mengenai nama Allah merupakan hal paling utama dari segala ilmu. Mengenal nama-nama serta sifat Allah yang terkandung dalam Alquran. Oleh karena itu, mengamalkan makna Asmaul Husna merupakan salah satu amalan yang paling utama dan mulia.

Kedua, dengan kita mengenal serta memahami nama-nama serta sifat-sifat Allah, maka kita sebagai seorang hamba tentu akan tambah kecintaan kepada Rabbnya. Selain itu, seorang hamba juga akan selalu mengagungkan nama-nama Allah.

Selalu berusaha serta tawakal dan merasa takut ketika anda berbuat dosa. Jika seseorang memiliki pengetahuan yang mendalam maka ia akan selalu memohon kepada Allah sang pemilik alam semesta. Dengan ini, maka seorang hamba akan selalu tunduk kepada perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

Ketiga, memahami Allah dengan mengenal nama-nama serta sifatnya merupakan salah satu dasar keimanan seorang hamba. Dengan ini maka keimanan seorang hamba meningkat, ketika keimanan meningkat maka ia akan semakin rajin dalam beribadah kepada Allah.

Kedudukan Ilmu Asmaul Husna Serta Sifatnya 

Asmaul Husna Nama Nama Allah
Asmaul Husna Nama Nama Allah

Memahami Asmaul Husna merupakan salah satu pintu ilmu yang mulia dan merupakan salah satu Al Akbar. Dengan selalu ilmu mengenai nama-nama Allah yang indah. merupakan salah satu usaha paling baik yang bisa dilakukan oleh setiap Insan manusia.

Bahkan, hal ini merupakan puncak yang diperebutkan oleh manusia pada akhir hayat. Selain itu juga merupakan pondasi penting atau sebagai jalan menuju Allah. Tidak hanya berhenti sampai disitu, ilmu Allah juga merupakan jalan masuk yang lurus untuk bisa meraih kecintaan dan keridhaan Allah.

Ibaratnya, sebuah bangunan, jika seorang manusia memiliki pondasi agama yang kuat maka iman kepada Allah serta sifat-sifatnya juga akan semakin meningkat. Berbekal Pondasi yang kuat maka setiap hamba bisa memikul bangunan iman dengan kuat serta kokoh dari goncangan dan godaan hidup.

Dalam surat at-taubah ayat 109 allah telah berfirman “maka apakah orang-orang yang mendirikan masjid banyak bertaqwa kepada Allah serta keridhaan-nya itu yang baik, ataukah mereka yang mendirikan bangunan di tepi jurang yang runtuh. Kemudian bangunan tersebut jatuh bersama-sama dengan dia ke dalam neraka jahanam. Allah tidak akan pernah memberikan petunjuk kepada orang-orang yang zalim”.

Pondasi bangunan amal yang baik merupakan kekuatan bagi manusia untuk menjalani hidup. Jika manusia kuat, maka ia bisa membawa badan dengan baik serta bisa menolak segala macam godaan dan rintangan hidup. Sebaliknya, jika lemah maka kita juga akan mudah terserang berbagai godaan kehidupan.

Terkait dengan hal ini, pondasi untuk mengenal Allah, yang pertama dengan mengetahui nama serta sifat-sifat baiknya. Kemudian dilanjutkan dengan tunduk dan patuh akan perintah Allah dan rasulnya. Inilah sebuah pondasi yang kuat yang harus dibangun oleh setiap hamba Allah.

Faedah Menghafal dan Membaca Asmaul Husna

Asmaul Husna Nama Nama Allah
Asmaul Husna Nama Nama Allah

1. Membaca Asmaul Husna bisa membuka pintu rezeki

Dalam kehidupan, tentu kita harus berusaha agar segala yang kita inginkan tercapai. Namun dibalik usaha tersebut, hari juga diiringi dengan doa. Membaca Asmaul Husna bisa kita untuk membukakan pintu rezeki.

Jika kita rutin membacanya, serta diiringi dengan usaha yang sungguh-sungguh, maka niscaya Pintu Rezeki akan terbuka.

2. Membaca Asmaul Husna bisa mencerdaskan otak

Asmaul Husna adalah salah satu nutrisi yang paling baik untuk otak. Asmaul Husna bisa menjaga kesehatan otak dan menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri. Di dalam 99 nama-nama Allah terdapat beberapa nama yang membahas mengenai kecerdasan serta kepintaran,. Al Hakim, al Ilmu, Al Alliyu merupakan nama-nama yang menunjukkan kecerdasan.

3. Membaca Asmaul Husna akan mendapat ampunan dari Allah

Tidak bisa dipungkiri, jika manusia merupakan tempat salah dan khilaf. Dengan demikian maka sebagai umat muslim kita harus selalu meminta ampunan kepada Allah. Membaca Asmaul Husna secara rutin insya Allah bisa meringankan dosa-dosa atau kesalahan yang sudah kita perbuat sebelumnya. Allah memiliki nama Al -Affuyu yang berarti Maha Pemberi ampun.

4. Membaca Asmaul Husna bisa menghindarkan kita dari sifat lupa

Bukan hanya tempat salah dan dosa saja, manusia juga merupakan salah satu makhluk yang sering lupa. Lupa adalah sesuatu hal yang wajar. Namun kita bisa mencegah sifat lupa ini dengan rutin membaca Asmaul Husna setiap hari. Insya Allah, dengan mengamalkan nya setiap hari maka bisa menghindarkan diri dari sifat lupa.

5. Membaca Asmaul Husnah mampu mengendalikan nafsu

Manusia merupakan salah satu makhluk Allah yang dibekali akal dan nafsu. Sebagai manusia, jika tidak mampu mengendalikan nafsu maka akan menimbulkan hal-hal negatif. Dengan demikian, kita tentu bisa mengendalikan nafsu dengan cara yang ampuh.

Melafalkan Asmaul Husna merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan nafsu kita. Terdapat beberapa nama Allah yang dibaca terus menerus akan mampu mengontrol hawa nafsu. Al Mumit serta Al muhshii, jika kita amalkan secara rutin maka bisa mengendalikan nafsu kita.

Article Categories:
Asmaul Husna

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *